Pages

Sabtu, 31 Juli 2010

Teknologi Pengganti Harddisk

Saat ini ada teknologi relatif baru dari perkembangan hardware storage device. Sebelumnya,mungkin anda sudah gak asing lagi sama yang namanya harddisk. Nih , anda yang masih belum begitu ngeh sama harddisk, harddisk tu adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.


Hardisk


Nah,cara kerja harddisk mungkin anda semua udah banyak yang tau. Cara kerja harddisk secara umum yaitu dengan adanya perputaran pada piringan-piringan magnetis yang memungkinkan dibaca oleh head (perangkat pembaca seperti jarum). Head akan menerjemahkan pulsa-pulsa magnetik yang ada dalam piringan magnetis ke dalam bit data, dari hasil inilah maka kita bisa baca data-data yang kita miliki di harddisk. Cukup simpel bukan?


Komponen Hardisk


Tapi dari itu semua , ada beberapa kekurangan harddisk. Pertama, dengan adanya perputaran, maka akan ada gesekan udara. Nah, dari sonolah timbul bunyi. Terkadang, beberapa harddisk bahkan mengeluarkan bunyi-bunyian yang sangat mengganggu.

Yang kedua, harddisk kan terdiri dari sejumlah piringan magnetis , gak cuma satu, belum lagi di dalamnya ada bagian-bagian berupa cluster di tiap piringannya. Nah, karena hal inilah maka proses baca atau tulis yang dilakukan oleh harddisk belumlah optimal, karena harddisk harus terus bergerak untuk mengakses data di mana data tersebut dialokasikan.

Emang ada yang lebih optimal dari harddisk ? "Yang lebih mahal banyak." wkwkwk Ada kok, belakangan ini diperkenalkan teknologi penyimpanan data (storage device), yaitu SSD (Solid State Drive).

SSD





Ini teknologi mantap banget. Teknologi ini menerapkan teknologi yang mirip dengan teknologi flashdisk, namun dengan kapasitas lebih besar dan kecepatan akses data yang jauh lebih cepat. SSD gak akan berisik , sama seperti halnya flashdisk. Kan gak ada yah gan flashdisk yang berisik.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh SSD ini antara lain gan, kecepatan aksesnya. Bayangkan gan, kecepatan baca bisa sampe 180 MB/s dan kecepatan tulis 50 MB/s sedangkan ukurannya sama seperti hardisk 2,5 inch. Mantap gak tuh ? Itu sama dengan agan copy file sebesar 1GB dalam waktu kurang dari 0,5 menit aja.

Nih , coba liat review yang dilakukan sama testfreaks.com menggunakan SSD Kingston 30GB: Klik di sini.


Thx For agan Areef88 

1 komentar: